Selasa, 31 Juli 2012

Sejarah Domba Kurban Sejak Adam & Hawa

Di seluruh dunia, hampir semua agama, sepanjang sejarah manusia mempersembahkan kurban domba kepada Tuhan atau yg dituhankan.

 korban (קָרְבָּן)

Islam menganggap Ibrahim (Abraham) mempersembahkan kurban domba sebagai ganti anak tunggalnya.
Hindu mencatat pengorbanan domba / kambing kepada pencipta Yang Maha Kuasa.
Agama-agama kuno di Cina, Romawi, Yunani, Jerman pun mempunyai tradisi mempersembahkan korban.

天壇 Tian Tan, Temple of Heaven. Tempat Persembahan Korban.

bahkan kata  (yi), artinya kebenaran adalah kata domba  (yang) diatas aku  (wo)
dan  (you) bersama dengan domba adalah jalan menuju kebenaran

HANYA oleh korban domba, aku dibenarkan.

Tapi, lama-kelamaan semakin banyak manusia menciptakan agama-agama dan semakin sesat, melupakan janji Tuhan, kemudian persembahan kurban semakin bervariasi.
dari kurban domba, kambing dan sapi menjadi babi, kuda, bahkan manusia pun dikurbankan.


jadi... apa sebenarnya yg Tuhan janjikan dengan simbol kurban domba?

Memang Abraham pernah diuji Tuhan dengan memintanya untuk mengorbankan anak tunggalnya ISHAK kepada Tuhan yg kemudian digantikan dengan domba. Kejadian 22.

Tapi, kalau kita telusuri lebih lanjut, darah kurban domba pada pintu dan membentuk salib, telah menyelamatkan anak sulung bangsa Israel. Keluaran 12.
Keluaran 12:7 Kemudian dari darahnya y  haruslah diambil sedikit 2  dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.
kemiripan yg sangat mengherankan...

dan yang Pertama dilakukan Nuh setelah keluar dari bahtera adalah mempersembahkan kurban kepada Tuhan.
Kejadian 8:18 Lalu keluarlah Nuh bersama-sama dengan anak-anaknya dan isterinya dan isteri d  anak-anaknya. 8:19 Segala binatang liar, segala binatang melata dan segala burung, semuanya yang bergerak di bumi, masing-masing menurut jenisnya, keluarlah juga dari bahtera itu. 8:20 Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; e  dari segala binatang yang tidak haram f  dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran g  di atas mezbah itu.

bahkan sejak Kain dan Habel, anak-anak pertama Adam dan Hawa pun sudah mulai penyesatan oleh Kain dengan memberikan persembahan vegetarian seperti beberapa agama saat ini.
Kejadian   4:3Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan e  sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN 2  f  sebagai korban persembahan; 4:4Habel juga mempersembahkan korban persembahan g  dari anak sulung kambing dombanya, h  yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya i  itu, 4:5 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.

lalu mengapa Tuhan menerima persembahan kurban domba Habel dan tidak mau menerima persembahan vegetarian dari Kain?

1 Timotius 4:1 Tetapi Roh b  dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, c ada orang yang akan murtad 1  lalu mengikuti roh-roh penyesat d  dan ajaran setan-setan 4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap e  mereka. 4:3 Mereka itu melarang orang kawin, f  melarang orang makan makanan g  yang diciptakan h  Allah supaya dengan pengucapan syukur i  dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.4:4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik j  dan suatupun tidak ada yang haram, k  jika diterima dengan ucapan syukur, 4:5 sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah l  dan oleh doa.

masalahnya bukan apa yg dipersembahkan, tetapi apakah manusia mau percaya kepada janji Tuhan...
Ibrani 11:1 Iman adalah 1  dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan i  dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. j  11:2 Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian k  kepada nenek moyang kita. 11:3 Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman l  Allah 2 , sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat. 11:4 Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik 3 dari pada korban Kain. Dengan jalan itu ia memperoleh kesaksian m kepadanya, bahwa ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya n itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah ia mati.

dan hakekat apa yg disimbolkan dengan domba tsb...
Yohanes 1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah 13 , r  yang menghapus dosa dunia
mengapa domba harus dikurbankan..
Markus  9:31 sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia g  akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, h  dan tiga hari i sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit. j "
Lukas  24:44 Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, g  yakni bahwa harus digenapi h  semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa i  dan kitab nabi-nabi j  dan kitab Mazmur. k " 24:45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. 24:46 6 Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita l  dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, m  24:47 dan lagi: dalam nama-Nya n  berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa 7  harus disampaikan 8  kepada segala bangsa 9 , o  mulai dari Yerusalem. p  24:48 Kamu adalah saksi q  dari semuanya ini.
Ibrani  9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya y  ke dalam tempat yang kudus z  bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, a  tetapi dengan membawa darah-Nya b  sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal. 9:25 Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus a  dengan darah yang bukan darahnya sendiri. b 9:26 Sebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia c  ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali d  saja menyatakan e  diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya. f  9:27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali g  saja, dan sesudah itu dihakimi, h  9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali i  saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi 7  j  tanpa menanggung dosa k  untuk menganugerahkan keselamatan l  kepada mereka, yang menantikan Dia.

hakekatnya...
Roma  10:9 3 Sebab jika kamu mengaku g  dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan 4 , h  dan percaya i  dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati 5 , j  maka kamu akan diselamatkan. k  10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Ibrani 10
 Persembahan yang sempurna
10:1 Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan n  saja dari keselamatan o  yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. p  Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan 1 , hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan q  mereka yang datang mengambil bagian r  di dalamnya.10:2 Sebab jika hal itu mungkin, pasti orang tidak mempersembahkan korban lagi, sebab mereka yang melakukan ibadah itu tidak sadar lagi akan dosa s  setelah disucikan sekali untuk selama-lamanya10:3 Tetapi justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa. t 10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan 2  atau darah domba jantan u menghapuskan dosa. v  10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, w  Ia berkata: "Korban dan persembahan 3  tidak Engkau kehendaki--tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku x --. 10:6 Kepada korban bakaran dan korban penghapus dosa Engkau tidak berkenan. 10:7 Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang; dalam gulungan kitab y  ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku. z 10:8 Di atas Ia berkata: "Korban dan persembahan, korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau kehendaki dan Engkau tidak berkenan kepadanya a " --meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat--. 10:9 Dan kemudian kata-Nya: "Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu. b " Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua. 10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan c  satu kali untuk selama-lamanya d  oleh persembahan tubuh e  Yesus Kristus. 10:11 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban f  yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa. g  10:12 Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, h  Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah, i  10:13 dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya. j  10:14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan k  untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan 4 . l  10:15 Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian m  kepada kita, 10:16 sebab setelah Ia berfirman: "Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu," Ia berfirman pula: "Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi n  mereka, 10:17 dan Aku tidak lagi mengingat o  dosa-dosa dan kesalahan mereka." 10:18 Jadi apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa.






links:


menjadi warga negara Indonesia harus tunduk pada hukum yg berlaku di Indonesia, UUD45, dsb. menjadi warga negara Surgawi, harus tunduk pada satu-satunya hukum Tuhan, yaitu Alkitab.
pengadilan Indonesia menggunakan UUD45, Kitab UU Hukum Pidana/Perdata. pengadilan Tuhan menggunakan Alkitab, Firman Tuhan
dengan Firman Tuhan (alkitab) lah Tuhan akan menghakimi pada akhir jaman. John 12:48; Rev 20:12; James 2:12; Rom 2:16
yg percaya, menerima bahwa Yesus sudah dihukum menggantikan dia, akan selamat (masuk surga kekal).yg tidak percaya, harus menanggung sendiri hukuman atas semua dosanya di neraka kekal. Mark 16:16; John 3:18,36; Rom 6:23
2Timotius 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 2Tim 3:16

Habakuk 2:18 Apakah gunanya patung pahatan, yang dipahat oleh pembuatnya? Apakah gunanya patung tuangan, pengajar dusta itu? Karena pembuatnya percaya akan buatannya, padahal berhala-berhala bisu belaka yang dibuatnya. 2:19 Celakalah orang yang berkata kepada sepotong kayu: "Terjagalah!" dan kepada sebuah batu bisu: "Bangunlah! " Masakan dia itu mengajar? Memang ia bersalutkan emas dan perak, h tetapi roh tidak ada sama sekali di dalamnya.

Yesaya 2:20 Pada hari itu berhala-berhala perak dan berhala-berhala emas yang dibuat manusia untuk sujud menyembah kepadanya akan dilemparkannya kepada tikus dan kelelawar

1Kor 10:22 Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia?

Yeremia 18:15 Tetapi umat-Ku telah melupakan Aku, mereka telah membakar korban kepada dewa kesia-siaan;

Verse of the Day

15:11 Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang. 15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Mat 15:11,18

12:35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. 12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum. Mat 12:34-37

kurang puas? silakan datang: http://graphe-ministry.org/bahasa/ dan beberapa GBIA lain: http://graphe-ministry.org/bahasa/gbia_lain.html
sy yakin gembala2 disitu akan menyambut baik semua yg mencari kebenaran dgn diskusi dan argumentasi menggunakan akal sehat