Rabu, 25 April 2012

Apakah aku menyembah berhala? Apa sih berhala itu?



ber·ha·la

  • n patung dewa atau sesuatu yg didewakan yg disembah dan dipuja: di daerah itu masih terdapat suku bangsa penyembah --; 
  • mem·ber·ha·la·kan v memuja dan mendewakan


Referensi: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php


atau dalam bahasa inggris:


idol·a·try noun \-trē\
plural idol·a·tries

Definition of IDOLATRY
  1. the worship of a physical object as a god
  2. immoderate attachment or devotion to something
Referensi: http://www.merriam-webster.com/dictionary/idolatry

apa dan bagaimana yg disebut (menyembah) berhala?

dari dua kamus tsb., kita dapat menjabarkan berhala sebagai:

  • sesuatu yg kita 'tuhankan'
  • sesuatu yg kita anggap mempunyai kuasa seperti 'tuhan'
  • sesuatu yg kita cintai/inginkan/harapkan lebih dari apapun
  • sesuatu yg kepadanya kita menggantungkan seluruh hidup kita
  • sesuatu yg menguasai kita
  • segala yg kita harap memberi kita surga dunia yg kita harapkan lebih dari apapun. ketentraman duniawi, kesehatan jasmani, dsb.
  • contoh (tidak terbatas pada) patung, salib, rosario, kotak, kubus, batu dari firdaus, dsb.
ringkasnya: sujud/berlutut menghadap/kiblat selain kepada satu-satunya Tuhan Semesta Alam, pencipta jagad raya dan seluruh isinya.


Markus  12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu 4 , dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. m  12:31 Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia 5  seperti dirimu sendiri. n  Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." 12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia. o  12:33 Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan. p 12:34Yesus melihat, bagaimana bijaksananya jawab orang itu, dan Ia berkata kepadanya: "Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah! q " Dan seorangpun tidak berani lagi menanyakan r  sesuatu kepada Yesus. 

Mark 12:30,33; Mat 22:37; Luk 10:27; Deut 4:29, 6:5, 10:12, 11:13, 30:2,10; Jos 22:5; 2Chr 6:12; 1Kings 8:23


begitu banyak ayat yg 'menuntut' kasih setia dari manusia kepada Tuhan.
mengapa kita harus mengasihi Tuhan?

1Yohanes  4:19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.


bagaimana Tuhan mengasihi kita?

Mazmur  139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, a  menenun b  aku dalam kandungan c  ibuku.
Mazmur  22:10 (22-11) Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, s  sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.
Mazmur  119:73 Tangan-Mu telah menjadikan i  aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu.

Kejadian  2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk v  manusia w  itu dari debu x  tanah y  dan menghembuskan nafas z hidup a  ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk b  yang hidup 4 . 2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan r  dan segala burung di udara. s  Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan t  manusia itu kepada tiap-tiap makhluk u  yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Kejadian  1:27 Maka Allah menciptakan u  manusia v  itu menurut gambar-Nya, w  menurut gambar Allah x  diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan y  diciptakan-Nya mereka. z  1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: a  "Beranakcuculah dan bertambah b  banyak 11 ; penuhilah bumi c  dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas d  ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi. e 1:29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. f  1:30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, g  Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya. h " Dan jadilah demikian. 1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya i  itu, sungguh amat baik. j  Jadilah petang dan jadilah pagi, k  itulah hari keenam.


Tuhan membentuk kita, Pencipta, Tuan, Tuhan kita. Tuhan menciptakan seluruh jagad raya, semesta alam, segala tanaman, segala binatang, semuanya hanya untuk manusia.

  • mengapa hanya bumi yg mempunyai komposisi udara (oksigen nitrogen hidrogen, dsb) yg pas untuk kehidupan?
  • mengapa hanya bumi yg mempunyai komposisi air (h2o, nacl, dsb) yg pas untuk kehidupan?
  • mengapa tanaman 'menghirup' co2 dan melepaskan oksigen?
semuanya hanya untuk manusia.


Tuhan begitu rindu ingin bersama dengan manusia. bahkan Dia merancang Jalan Keselamatan dengan memberi nyawaNya dengan cara yg paling hina dan paling menyakitkan, membasuh kita dengan darahNya, supaya kita bisa masuk surga dan bersama denganNya, selamanya.

Roma 3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian m  karena iman, dalam darah-Nya 7 .
Ibrani  9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanyay  ke dalam tempat yang kudus z  bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, a  tetapi dengan membawa darah-Nya b  sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.


karna hanya satu Tuhan. hanya satu Pencipta manusia dan semesta alam untuk dikuasai manusia.
janganlah menyeleweng dari Tuhan dan berzinah dengan berhala...

bayangkan sedihnya orangtua melihat anaknya tidak mau memanggil orangtuanya dengan benar, malahan memanggil orang lain bapak/ibu.

terlebih lagi Tuhan yg membentukmu di rahim ibumu. merawatmu bahkan sebelum ibumu tau kalau dia mengandungmu. memberimu nafas kehidupan. setiap darah dan sel didalam tubuh untuk menunjang kehidupan kita didunia ini supaya kita menggunakan otak, akal, pikiran dan hati kita, memilih Jalan Keselamatan dan bisa bertemu Tuhan di surga kekal.


berhala itu seperti apa?
  • patung2, kotak, kubus, batu dari firdaus, dsb. yg kepadanya orang berlutut, berdoa, mengharap dan memohon berkat
  • jimat2,kalung,cincin,gelang,dsb yg kita anggap mempunyai 'kuasa'
  • mukjizat duniawi yg kepadanya kita berharap kesembuhan jasmani, penglihatan, dsb
  • harta, materi, kesejahteraan duniawi, perdamaian dunia, dsb
  • teman, pacar, suami, istri, ayah, ibu, anak yg memberikan jiwanya bukan kepada Tuhan: 'jiwaku milikmu'. (jiwa rohani, bukan sekedar nyawa, kehidupan duniawi)

Tuhan Semesta Alam, yang Maha Esa, satu-satunya Tuhan pencipta jagad raya untuk manusia, Tuhan tidak mau digantikan dengan patung atau gambar atau jimat atau kesembuhan jasmani atau kesejahteraan materi atau perdamaian duniawi atau apapun.



Yesaya 42:8 Aku ini TUHAN, s  itulah nama-Ku; t  Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain u  atau kemasyhuran-Ku kepada patung.

Roma  1:23 Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaranu  yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar. 1:25 Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta 9  x  dan memuja dan menyembah makhluk (ciptaan) y  dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji z  selama-lamanya, amin.



Roma  9:20 Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? y  Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: z  "Mengapakah engkau membentuk aku demikian? a 9:21 Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak 9  atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?

Yesaya 45:9 Celakalah orang yang berbantah a  dengan Pembentuknya; b  dia tidak lain dari beling periuk c  saja! Adakah tanah liat berkata kepada pembentuknya: d "Apakah yang kaubuat? e " atau yang telah dibuatnya: "Engkau tidak punya tangan! f 45:10 Celakalah orang yang berkata kepada ayahnya: "Apakah yang kauperanakkan?" dan kepada ibunya: "Apakah yang kaulahirkan?" 45:11Beginilah firman TUHAN, Yang Mahakudus, g  Allah dan Pembentuk h  Israel: "Kamukah yang mengajukan pertanyaan kepada-Ku mengenai anak-anak-Ku, atau memberi perintah kepada-Ku mengenai yang dibuat tangan-Ku? i  45:12Akulah yang menjadikan bumi j  dan yang menciptakan manusia di atasnya; tangan-Kulah yang membentangkan langit, k  dan Akulah yang memberi perintah kepada seluruh tentaranya.



jangan sampai api cemburu dan murka Tuhan menimpamu.




refs


Yesaya 53:1 Siapakah yang percaya kepada berita 1  z  yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan a  kekuasaan TUHAN dinyatakan? b  53:2 Sebagai taruk c  ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas d  dari tanah kering 2 . Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada 3  sehingga kita memandang dia, dan rupapun e  tidak, sehingga kita menginginkannya. 53:3 Ia dihina dan dihindari 4 orang, seorang yang penuh kesengsaraan 5  f  dan yang biasa menderita g kesakitan; ia sangat dihina, h  sehingga orang menutup i  mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan. 53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya 6 , dan kesengsaraan j  kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas k  Allah. l  53:5 Tetapi dia tertikam m  oleh karena pemberontakan n  kita 7 , dia diremukkan o  oleh karena kejahatan kita; ganjaran p  yang mendatangkan keselamatan q  bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya r  kita menjadi sembuh 8 . s  53:6Kita sekalian sesat t  seperti domba 9 , masing-masing kita mengambil jalannya u sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan v  kita sekalian.53:7 Dia dianiaya, w  tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya x  seperti anak domba y  yang dibawa ke pembantaian 10 ; z  seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. 53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman a  ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, b  dan karena pemberontakan c  umat-Ku ia kena tulah.53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik 11 , d  dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, e  sekalipun ia tidak berbuat kekerasanf  dan tipu tidak ada dalam mulutnya. g  53:10 Tetapi TUHAN berkehendak h meremukkan i  dia 12  dengan kesakitan. j  Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, k  ia akan melihat keturunannya, l  umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana m  olehnya. 53:11 Sesudah kesusahan n jiwanya 13  ia akan melihat terang o  dan menjadi puas; dan hamba-Ku p  itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan q  banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan r  mereka dia pikul. 53:12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar s  sebagai rampasan, t  dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut 14  u  dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, v  sekalipun ia menanggung w  dosa banyak x  orang dan berdoa y  untuk pemberontak-pemberontak 15 .
menjadi warga negara Indonesia harus tunduk pada hukum yg berlaku di Indonesia, UUD45, dsb. menjadi warga negara Surgawi, harus tunduk pada satu-satunya hukum Tuhan, yaitu Alkitab.
pengadilan Indonesia menggunakan UUD45, Kitab UU Hukum Pidana/Perdata. pengadilan Tuhan menggunakan Alkitab, Firman Tuhan
dengan Firman Tuhan (alkitab) lah Tuhan akan menghakimi pada akhir jaman. John 12:48; Rev 20:12; James 2:12; Rom 2:16
yg percaya, menerima bahwa Yesus sudah dihukum menggantikan dia, akan selamat (masuk surga kekal).yg tidak percaya, harus menanggung sendiri hukuman atas semua dosanya di neraka kekal. Mark 16:16; John 3:18,36; Rom 6:23
2Timotius 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 2Tim 3:16

Habakuk 2:18 Apakah gunanya patung pahatan, yang dipahat oleh pembuatnya? Apakah gunanya patung tuangan, pengajar dusta itu? Karena pembuatnya percaya akan buatannya, padahal berhala-berhala bisu belaka yang dibuatnya. 2:19 Celakalah orang yang berkata kepada sepotong kayu: "Terjagalah!" dan kepada sebuah batu bisu: "Bangunlah! " Masakan dia itu mengajar? Memang ia bersalutkan emas dan perak, h tetapi roh tidak ada sama sekali di dalamnya.

Yesaya 2:20 Pada hari itu berhala-berhala perak dan berhala-berhala emas yang dibuat manusia untuk sujud menyembah kepadanya akan dilemparkannya kepada tikus dan kelelawar

1Kor 10:22 Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia?

Yeremia 18:15 Tetapi umat-Ku telah melupakan Aku, mereka telah membakar korban kepada dewa kesia-siaan;

Verse of the Day

15:11 Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang. 15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Mat 15:11,18

12:35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. 12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum. Mat 12:34-37

kurang puas? silakan datang: http://graphe-ministry.org/bahasa/ dan beberapa GBIA lain: http://graphe-ministry.org/bahasa/gbia_lain.html
sy yakin gembala2 disitu akan menyambut baik semua yg mencari kebenaran dgn diskusi dan argumentasi menggunakan akal sehat